Sabtu, 10 November 2012

8 Pilihan Investasi Aneh Orang Kaya China (I)

Kinerja bursa China tampaknya memberikan masa-masa suram bagi para investor. Upaya mencari untung dari bisnis properti juga makin tipis, setelah pemerintah China menangkal langkah spekulasi dari sejumlah pencari peluang.

Kondisi ini menyebabkan masyarakat pemilik uang berlebih mulai mencari produk investasi yang diyakini bisa memberikan untung besar.

Tak jarang, para pemodal ini menyasar aset-aset yang dinilai menarik dan tak jarang dianggap aneh. Baru-baru ini, para investor bahkan mulai khawatir akan munculnya gelembung kacang kenari atau walnut bubble.

Dikutip dari laman businessinsider, berikut adalah produk investasi aneh yang mulai merasuki para pemodal China


1. Kacang Kenari
Harga: US$10 ribu

Sebelum terjadinya revolusi budaya, kacang kenari dikenal sebagai makanan khusus para raja dan kalangan orang kaya. Baru-baru ini, makanan khas ini kembali menjadi incaran para pencari untung.

Pada 10 tahun lalu, harga kacang kenari hanya berkisar 350 yuan atau US$56. Kini, harganya telah meroket menjadi US$10 ribu. Bahkan, untuk kacang kenari dengan pahatan tertentu atau berusia lebih tua, harganya bisa menjadi sangat mahal.

Sejumlah pihak percaya, pemerintah China tampaknya akan mendiamkan gejala gelembung kacang kenari. Mereka yakin jenis makanan ini takkan berdampak politis tak seperti makanan lainnya.

2. Merpati Balap
Harga: US$324-648 ribu

Kalangan orang kaya China telah banyak menghabiskan uang, bahkan hingga US$324 ribu untuk seekor merpati balap. Bahkan, harganya bisa melonjak hingga US$648 ribu per ekor. Kalangan penghobi Merpati menuding lonjakan harga ini akibat ulah para spekulan.

Untuk mengoleksi merpati balap ini, para pemilik bahkan rela mengejar jenis merpati dari luar negeri. Merpati keturunan Belgia dianggap merupakan yang terbaik.

3. Batu Giok
Harga: lebih dari US$100 ribu

Pada 2010, harga satu ons batu giok di China ditaksir bisa mencapai US$3.000. Harga itu melonjak 10 kali lipat dibandingkan pada 2000 lalu dan lebih mahal dibandingkan emas. Giok berbentuk gelang dan figur biasanya dengan mudah bisa dihargai hingga ratusan bahkan ribuan dolar AS.

Namun, harga batu giok dalam beberapa waktu terakhir mulai mengalami pelemahan seiring munculnya kekhawatiran gelembung giok akan pecah.

4. Anggur

Harga: lebih dari US$100 ribu

China saat ini mulai menjadi negara pasar ekspor anggur jenis Bordeaux terbesar dunia. Padahal, konsumsi anggur per kapita masyarakat China termasuk rendah. Kendati demikian, kalangan orang kaya China mulai banyak yang menginvestasikan uangnya dalam bentuk anggur dan kebun anggur.

Dalam lelang yang digelar Southeby's, orang-orang China telah banyak mengeluarkan uang antara ratusan hingga ribuan dolar AS hanya untuk membeli sebuah anggur. Bahkan, pihak bank mulai menawarkan pinjaman bagi orang China yang berencana menginvestasikan uangnya dalam produk anggur. (art)
5. Seni dan Art Fund
Harga: Lebih dari US$900 juta
Investor China dalam beberapa tahun terakhir, diketahui memarkir uangnya dalam bentuk seni, baik lewat pelelangan skala lokal maupun internasional seperti Sotheby's. Tentunya, art fund kut berkembang seiring membesarnya pasar seni. 
Art Newspaper melaporkan, investasi di bisnis art fund hingga Juli lalu mencapai lebih dari 5,7 miliar yuan atau US$900 juta. 
Namun, lonjakan kendaraan untuk investasi barang seni ini memunculkan kekhawatiran adanya penjualan karya seni secara besar-besaran. Apalagi, banyak art fund yang beroperasi dengan modal kecil dan tak mungkin bisa menjual karya seni dalam harga tinggi dalam 2-3 tahun mendatang.

6. Perangko
Harga: US$1,1 juta
Sebuah lelang di Hong Kong pada 2011 lalu, berhasil menjual satu set perangko dari masa revoluasi budaya pada harga US$1,1 juta. Perangko itu dianggap langka sejak tak pernah lagi diproduksi. 
Perangko, seperti anggur dan seni, telah mengalami kenaikan harga usai para orang kaya China mencari bentuk investasi alternatif. Perangko pos sebetulnya pernah menjadi pilihan sejak krisis finansial melanda Asia pada 1997. Namun, para ahli mengingatkan adanya ancaman bubble dan beberapa perangko tak menggambarkan harga aslinya. 

7. Teh Langka
Harga: US$25.000
Harga Teh Pu Erh seberat 345 gram, yang diperkirakan berusia lebih dari 100 tahun bisa mencapai US$25 ribu. Teh yang tumbuh subur, karena menggunakan kotoran Panda ini laku terjual seharga US$3.500 untuk ukuran hanya 50 gram. 
Para penjual teh biasanya mengenakan tambahan harga, jika teh yang diambil berasal dari tanaman tua atau pegunungan tertentu. Kesenangan warga China terhadap teh sama halnya dengan kesenangan orang barat terhadap anggur. 

8. Kue Bulan dari Emas atau Perak
Harga: US$3.000
Kue bulan khusus ini telah menjadi pilihan hadiah pada perayaaan pertengahan musim gugur. 
The Bank of Communication melaporkan telah menjual 500 gram kue bulan dari emas seharga lebih dari 21 ribu yuan (US$3.340). Sedangkan ICBC Bank, menawarkan satu boks hadiah berisi kue bulan dari emas seberat 50 gram dengan motif tertentu seharga 47.620 yuan (US$6.820).
Harga termurah kue bulan yang ditawarkan ICBC, dalam kue yang terbuat dari perak adalah seharga 850 yuan (US$1.350) per buah.
Sayangnya, demam kue bulan ini telah memunculkan tanggapan miring seputar aksi korupsi di antara para pajabat China, setelah mereka membeli produk itu dalam jumlah besar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar